deZige

Menghilangkan Summary Post/Isi Posting Pada HomePage

Modifikasi tampilan homepage dengan mengilangkan summary post/isi posting untuk menghemat ruang dan mempercepat loading blog dengan menambahkan tag kondisional/conditional tag pada template

Menghilangkan Summary Post/Isi Posting Pada HomePage

Menghilangkan Summary Post/Isi Posting Pada HomePage - Untuk meringkas tampilan pada homepage adakalanya kita menghilangkan beberapa bagian element/objek yang penting termasuk isi posting itu sendiri, ataupun bagian sidebar widget, untuk menghasilkan tampilan yang berbeda antara bagian halaman posting dengan halaman homepage. Sangat ekstrim mungkin, tapi itu merupakan salah satu pilihan sebagai pemilik blog untuk mendesainnya, mengacu baik atau buruknya dimata search engine optimization (SEO) saya sendiri kurang tahu, tapi kalau suka dengan tampilan yang berbeda kenapa tidak dilakukan saja.

design homepage

Kalau merasa janggal dengan menghilangkan semua bagian (posting) yang penting, kita bisa hanya menghilangkan bagian summary posting/isi posting saja dan hanya menampilkan title post atau judul post saja pada homepage supaya sedikit menghemat ruang.

Untuk bisa menghilangkan summary post/isi posting, sebelumnya kita harus mengetahui selektor css yang dipergunakan untuk bagian summary, pada umumnya selektor yang dipergunakan adalah .post-body, mungkin selektor tersebut tidak ada/tidak sama namanya pada template kalian pergunakan, tapi jangan berkecil hati jika hal tersebut memang tidak ada, yang pasti nama selektornya berbeda, jadi temukan dulu nama selektornya.

Saya anggap selektornya sudah ketemu, sebagai contoh saya menggunakan nama selektor .post-body

Untuk tidak tampilnya summary posting pada homepage kita apit .post-body diantara kode tag kondisional <b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'> dan </b:if> juga diantara style type css.


sehingga susunan kodenya menjadi seperti ini:

<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<style type='text/css'>
.post-body {
 display: none;
 }
</style>
</b:if>

Untuk peletakan kode tersebut, letakan diatas kode </head> atau dibawah kode ]]></b:skin> kemudian save template.

Dengan tag kondisional tersebut kita bisa menambahkan bagian-bagian yang lain untuk tidak ditampilkan atau dihilangkan pada bagian homepage, seperti pada modifikasi tampilan kustom homepage.

Akhir kata, selamat mendesain

1 comment:

  1. bagaimana caranya kalau judul postingan pada homepage di bawah gambar sob

    ReplyDelete

Terima Kasih Atas Komentar Anda

  • +Bagikan
  • +Admin

Kontak SosMed

.
deZige