Partisi Hardisk Hilang Setelah Selesai Instal Ulang

Partisi hardisk tidak ditampilkan setelah melakukan instalasi ulang windows padahal kondisi hardisk normal tidak ada satupun bad sector

Partisi Hardisk Hilang Setelah Selesai Instal Ulang

Partisi Hardisk Hilang Setelah Selesai Instal Ulang - Hardisk dalam kondisi normal sebelum melakukan instalasi ulang windows, tapi setelah selesai melakukan instalasi ulang windows partisi hardisk D: tidak terdeteksi atau tidak tampil di explorer padahal partisi hardisk tersebut isi data-data yang penting dan sayangnya belum ada backup untuk data-data tersebut.

Kasus ini pernah saya alami, tapi untungnya saya mengetahui cara menampilkan partisi yang penuh dengan data-data penting tersebut, apakah kalian pernah mengalami hal pernah saya alami tersebut? sousinya hanya jangan panik.

Bagaimana Mengembalikan Partisi Hardisk Yang Hilang

Pada dasarnya partisi hardisk tersebut tidak hilang atau rusak, partisi hardisk masih tetap ada dan utuh bersama data-data penting lainnya, hanya saja tidak ditampilkan pada windows explorer.

Kita bisa mengembalikan partisi hardisk tersebut melalui windows explorer caraya seperti ini:

  • Bila kita menggunakan windows 8, pada halaman windows explorer klik kanan This PC dan pilih Management.
  • Setelah tampil halaman Computer Management, pilih Disk Management.
  • Disitu akan terlihat partisi hardisk yang hilang, pilih partisi yang hilang tersebut dan klik kanan, pilih Change Drive Letter and Paths...
  • Kemudian akan tampil jendela baru dan pilih Add dan akan muncul jendela baru lagi dan pilih Drive Letter (drive letter A, B, C, D, E dan seterusnya), dan akhiri dengan memijit tombol OK.
  • Coba lihat di Computer Management, partisi hardisk yang tidak tampil sekarang sudah ada.
  • Tutup halaman Computer Management dan sekarang lihat melalui windows explorer.

Semoga bermanfaat.

1 comment:

  1. Makasih atas infonya...sekarang partisinya sudah ada kembali

    ReplyDelete

Terima Kasih Atas Komentar Anda

  • +Bagikan
  • +Admin