Optimasi Membangun SEO

Terindex baik dengan memaksimalkan Search Engine Optimization

Optimasi Membangun SEO

Optimasi Membangun SEO - Banyak sekali search engine yang ada di dunia internet ini, yang tentunya untuk membantu mempermudah pengguna dalam menelusuri dan mencari sesuatu di internet, dalam hal lain juga search engine dijadikan sebagai patokan untuk mengukur kemampun kita dalam menerapkan SEO pada web atau blog, kerberhasilan dalam membangun sebuah SEO yang baik tentunya akan memeberikan efek sangat baik terhadap kepopuleran situs tersebut, tapi bagi seorang awam seperti saya ini, membangun sebuah SEO yang baik sangatlah sulit apalagi kita termasuk pendatang baru dalam dunia internet tentunya sudah terkalahkan oleh webmaster-webmaster yang sudah familiar dalam bahasa dan algoritma yang diterapkan pada Search Engine tersebut.

Katakanlah Google Search Engine yang sudah sangat familiar kita pergunakan untuk menelusuri situs-situs, dalam tiap dekade google search engine melakukan penggantian algoritma yang berbeda, sehingga menuntut kita untuk memperbaiki dan merubah seo-seo yang sudah kita bangun dan diterapkan untuk mengikuti bahasa algoritma search engine yang baru.

Search Engine Optimization

Dengan SEO yang baik akan membawa artikel atau blog kita pada halaman pertama pada search engine dan itu merupakan harapan kita semua untuk bisa menempati posisi tersebut, tapi apa mungkin? dan bagaimana kita bisa mengetahui posisi keyword yang dipergunakan? apakah ampuh untuk search engine yang dipergunakan para penelusur? ya tentunya kita berusaha untuk mewujudkan itu.

Untuk mengetahui keyword yang kita adopsi (terapkan), berhasil atau tidak kita bisa langsung cek pada search engine tersebut dengan mengetikan keyword dan telusur, hasilnya pun akan langsung terlihat, apakah web atau blog kita masuk pada halaman pertama atau tidak. Jika hasilnya kurang memuaskan mungkin kita harus menata ulang keyword yang ditargetkan. Keyword yang ditargetkan bukan hanya mengacu pada meta keyword saja, tapi harus berimbang pada keyword pada post dan deskripsi.

Banyak sekali hal untuk membangun sebuah seo yang baik, terutama:

  • Rajinlah membuat sebuah artikel (posting) dan tentunya artikel yang mengandung 100% originaly, ini akan lebih dipertimbangkan search engine, hindari copas artikel secara 100%, buat ulang dengan tatanan bahasa sendiri jika artikel yang dimaksud sudah ada yang membahasnya dan cantumkan link sumber jika kita mengadopsi artikel dari sumber tertentu. Dengan mencantumkan link sumber dari sumber yang kita adopsi akan membuat blog kita lebih dihargai, baik dari pemilik artikel yang asli maupun pihak lain (pembaca).
  • Buatlah desain tampilan yang ramah terhadap mesin, tapi yang terutama ramah terhadap pengunjung, ramah dalam hal ini buatlah desain yang mudah pengunjung untuk menavigasi isi web atau blog dan buatlah desain web/blog yang fast loading, halaman web yang berat dalam pemuatan halaman logikanya banyak sekali script yang dipergunakan dan tentunya akan sedikit menghambat mesin untuk menelusuri (index) dan berakibat fatal bagi pengunjung yang memiliki koneksi internet yang lambat (umumnya indonesia koneksi internet lambat).
  • Isi posting dan desain tampilan akan menggambarkan kepribadian pemilik web/blog, bangunlah situs dengan niat yang kuat terutama jadilah diri sendiri, jangan hanya mengejar keyword yang banyak menjadikan kita asal posting tanpa memberi isi yang menjabarkan dari title post (judul), untuk itu selalu diingat yang membaca isi post bukan hanya mesin, tapi terutama adalah manusia sebagai pembaca dan pemberi kontribusi akan berkembang atau tidaknya situs kita.
  • Perkenalkan situs melalui Sosial Media baik secara Otomatis maupun manual untuk mengakrabkan keberadaan situs kita dan menjaring pembaca dari pihak dalam lingkungan antar teman.
  • Sering-sering lah melakukan blogwalking dengan meninggalkan komentar yang baik sebagai usaha menjalin silahturahmi antar blog.
  • Berbagi dengan direktori-direktori web yang ada dengan mendaftarkan web/blog kedirektori tersebut sebagai wujud simbiosis mutualisma (kerjasama saling menguntungkan), itu dilakukan jika kita kurang pandai dalam mengoptimalkan sebuah keyword untuk sebuiah SEO. Sebuah direktori web/blog biasanya memiliki seo yang baik, walaupun situs kita tidak terindek secara langsung pada search engine setidaknya isi web/blog terindek search engine melalui direktori.
  • Jangan lupa daftarkan pada Search engine-search engine yang ada, terutama search engine yang besar seperti Search Engine Google dan Search Engine Bing dan lakukan setting semaksimal mungkin supaya search engine mudah dalam peng-index-an.

Periksa seluruh element yang membangun seluruh desain tampilan (template) melalui w3c validator dalam hal kevalidan HTML maupun CSS, kurangi error semaksimal mungkin, walaupun pada kenyataanya (pengguna Blogger) banyak sekali element yang membangun sebuah template mengandung error.

Jika membaca seluruh isi tulisan ini mungkin aneh, terutama untuk 3 point teratas apa hubunganya dengan mesin pencari, ya memang kecil hubungannya dengan mesin pencari mungkin lebih parah lagi tidak ada hubungan sama sekali dengan mesin pencari. Dengan memiliki pengunjung atau pembaca web/blog yang fanatik akan memberikan kontribusi yang baik terhadap web/blog terutama dalam hal sosialisasi terutama dalam komentar dan tentunya akan terus memantau perkembangan web/blog.

Semoga kita bisa menerapkan itu semua, berhasil atau tidak ini merupakan hanya sebuah cara dan waktu yang hanya bisa menjawabnya.

No comments:

Terima Kasih Atas Komentar Anda

  • +Bagikan
  • +Admin